Daftar 185 Film Kejiwaan beserta Rating Kualitasnya


Kami 
menyusun Daftar Film Kejiwaan sejumlah 185 film, yang kami sajikan pada link di bawah dalam format berkas Microsoft Excel. Bagi Anda yang tidak punya pembaca spreadsheet dapat melihatnya langsung secara online, karena kami mengunggahnya ke Microsoft OneDrive yang ada Office online-nya.

KOLEKSI DAN BUKAN SELEKSI — CARA MEMILAH KUALITASNYA

Perlu dipahami bahwa ini adalah daftar yang berupa koleksi dan bukan merupakan seleksi, maka kualitas tidak akan sama dari film ke film yang ada dalam daftar tersebut. Namun jika Anda menginginkan daftar berdasarkan kualitas, maka kami sediakan Rating IMDb yang banyak dipakai untuk menilai kualitas film — dan karena berdasarkan pengalaman personal kami Google Users Likes lebih kena, maka yang terakhir ini kami cantumkan juga pada kolom terakhir.

Untuk dengan mudah, misalnya, memilah yang terbaik ke yang terburuk kualitasnya, silakan klik tanda panah yang ada di samping kepala kolom, dan silakan pilih apakah menyortirnya dari besar ke kecil (rating tertinggi ke terendah dsb) atau sebaliknya.

ISI FILM/TOPIK FILM

Khusus untuk kolom Topik saya tidak bisa menjamin keakuratannya 100 %, karena untuk film yang belum kami tonton, kami hanya menafsirkan topiknya dari uraian Google Search dan situs web IMDb.

Untuk yang saya tandai dengan highlight/stabilo kolom berwarna agak merah adalah ciri bahwa, berdasarkan yang kami baca, topiknya kurang selaras dengan harapan akan apa yang selayaknya muncul dalam film kejiwaan. Misalnya, tidak ada persentuhannya dengan gejala klinis atau tidak ada bahasan apakah sesuatu yang dialami oleh para tokohnya itu merupakan masalah/gejala/kondisi kejiwaan atau bukan. Dengan kata lain yang kami tandai dengan warna agak merah adalah film yang temanya terlalu umum, setidaknya menurut bacaan yang bisa dan sempat kami jangkau di internet untuk membuat daftar ini.

Perlu dipahami bahwa satu judul film bisa sama persis dengan judul film lainnya, misalnya film Schizo yang ada hingga 6 film yang berbeda. Kadang-kadang suatu film dibuat ulang (remake) pada tahun yang berbeda seperti yang terjadi pada film Cape Fear (yaitu pada tahun 1962 dan 1991). Atau setelah dibuat versi layar lebar dibuat serial TV-nya seperti film 12 Monkeys.  Film yang dianggap cukup berhasil dari segi kualitas dan/atau pemasaran biasanya dibuat sekuelnya, seperti film The Butterfly Effect sehingga merupakan dwilogi atau trilogi. 

Dengan memperbandingkan judul, topik, durasi, genre, serta keterangan apakah ada kata Serial TV-nya atau tidak, dapat mengarahkan Anda pada kesimpulan apakah suatu film berkaitan dengan film lainnya atau justru kaitan itu hanya kebetulan belaka.

CARA MENONTON FILMNYA

Kami berasumsi Anda sudah pandai mencari berkas filmnya, sehingga kami tidak mencantumkan link untuk mengunduh atau linknya ke layanan streaming. Lagipula membagikan link gratisan begitu banyak adalah jelas perbuatan yang bisa dipermasalahkan secara hukum, sehingga praktis hal tersebut tidak kami lakukan.

UCAPAN TERIMA KASIH

Kami menyampaikan terima kasih secara khusus kepada berbagai pihak yang telah turut memberikan respon berupa komentar pada postingan Facebook Anta Samsara, yang merupakan salah satu admin di situs web CahayaJiwa.com ini, sehingga daftar yang ekstensif pada link di bawah dapat dibuat. Semoga kerjasama kita senantiasa tetap baik.

Untuk melihat daftar filmnya silakan klik atau ketuk link berikut ini:

https://1drv.ms/x/s!Ak4DR4gkOAovk41HLFSdPwk21VnbBg

Print Friendly, PDF & Email

Leave a Reply