Pelatihan Hukum & HAM untuk Orang dengan Disabilitas Psikososial (Khusus Orang dengan Pengalaman Kejiwaan)

Map Unavailable

Date/Time
Date(s) - 21/08/2017 - 23/08/2017
8:00 am - 3:00 pm

Location
Wisma Sinar Kasih

Categories


Terselenggara berkat dukungan dana dari Disability Rights Advocacy Fund (DRAF), Amerika Serikat.

 

Fasilitator dan modul pelatihan disediakan oleh Asosiasi Alumni Program Beasiswa Amerika-Indonesia (ALPHA-I).

Orang-orang dengan disabilitas psikososial menghadapi diskriminasi dan hambatan yang membatasi mereka untuk berpartisipasi dalam masyarakat secara setara dengan orang lain setiap hari. Sejumlah orang penyandang cacat yang tidak proporsional tinggal di negara-negara berkembang, seringkali terpinggirkan dan dalam kemiskinan ekstrim.

Perlindungan yang dijamin dalam perjanjian hak asasi manusia lainnya, dan didasarkan pada Deklarasi Universal tentang Hak Asasi Manusia, harus berlaku untuk semua orang. Orang-orang penyandang disabilitas psikososial, bagaimanapun, sebagian besar tetap ‘tidak terlihat’, sering terdampar dalam debat hak dan tidak dapat menikmati keseluruhan hak asasi manusia.

Dalam beberapa tahun terakhir, telah terjadi perubahan revolusioner dalam pendekatan, secara global, untuk menutup celah perlindungan dan memastikan bahwa orang-orang dengan disabilitas menikmati standar kesetaraan, hak dan martabat yang sama seperti orang lain.

Konvensi tentang Hak Penyandang Disabilitas, yang diadopsi pada tahun 2006 dan mulai berlaku pada tahun 2008, memberi isyarat ‘pergeseran paradigma’ dari pendekatan berbasis sosial amal yang berbasis sosial terhadap kecacatan pada seseorang berdasarkan hak asasi manusia.

Mantan Komisaris Tinggi Hak Asasi Manusia PBB, Louise Arbour, mengatakan, “Perayaan keragaman dan pemberdayaan individu merupakan pesan penting hak asasi manusia. Konvensi ini mewujudkan dan menyampaikan secara jelas pesan-pesan ini dengan membayangkan peran aktif penuh dalam masyarakat bagi penyandang disabilitas.”

Karena pentingnya hal tersebut maka Yayasan Cahaya Jiwa bermaksud menyelenggarakan Pelatihan Hukum & HAM untuk Orang dengan Disabilitas Psikososial (Khusus Orang dengan Pengalaman Kejiwaan). Term dalam pelatihan ini sebenarnya ada 2 (dua), akan tetapi pelatihan term ke-2 tidak diumumkan ke publik berhubung kuota sudah penuh serta tidak mungkin melakukan registrasi peserta bagi mereka yang selain anggota Yayasan Cahaya Jiwa.

Bookings

Pemesanan tempat telah ditutup untuk kegiatan ini.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.