Riset Kesehatan Dasar 2013 (Nasional & Jawa Barat) dalam Angka dan Bagan

KATA PENGANTAR

 

Puji syukur kami panjatkan ke hadirat Allah SWT yang senantiasa memberikan rahmat, taufik

dan hidayah-Nya, sehingga Riskesdas 2013 telah selesai dilaksanakan. Riskesdas merupakan kegiatan riset kesehatan dasar berbasis masyarakat, yang dilaksanakan secara berkala. Riskesdas menghasilkan indikator kesehatan yang dapat dimanfaatkan untuk perencanaan pembangunan kesehatan.

Hasil akhir Riskesdas 2013 disajikan dalam tiga buku yaitu buku 1: Pokok-Pokok Hasil Riset Kesehatan Dasar 2013, buku 2: Riskesdas 2013 Dalam Angka dan buku 3: Riskesdas Biomedis. Pokok-Pokok Hasil Riset Kesehatan Dasar 2013 berisi hasil analisis variabel utama pembangunan kesehatan, dilengkapi dengan filosofi, teori dan justifikasi pengumpulan variabel dan indikator. Riskesdas 2013 dalam Angka menyajikan hasil lebih rinci dalam bentuk tabel. Riskesdas Biomedis menyajikan hasil analisis pemeriksaan biomedis. Ketiga buku ini merupakan satu kesatuan, pembaca disarankan membaca buku 1 untuk mendapatkan gambaran komprehensif mengenai Riskesdas, buku 2 untuk memperoleh informasi lebih rinci dan buku 3 mengenai data biomedis.

Analisis disajikan secara deskriptif dan kecenderungan untuk melihat perubahan indikator 2007 – 2013. Informasi kecenderungan dapat dimanfaatkan program untuk mengevaluasi strategi yang telah diterapkan, sehingga dapat diidentifikasi kemajuan kinerja provinsi, kabupaten/kota dan perbaikan yang dibutuhkan serta penyusunan Indeks Pembangunan Kesehatan Masyarakat (IPKM). Laporan Riskesdas 2013 dapat diunduh melalui website Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan www.litbang.depkes.go.id

Ucapan terima kasih yang tulus kami sampaikan kepada seluruh Responden yang telah berpartisipasi dalam Riskesdas 2013, para Enumerator di lapangan, Koordinator Wilayah beserta jajaran Administratornya, para Penanggung Jawab Operasional sehingga pelaksanaan Riskesdas 2013 dapat berjalan lancar. Ungkapan serupa juga kami tujukan kepada jajaran Kementerian Dalam Negeri, Gubernur, Bupati, Walikota, Kementerian Kesehatan RI, Dinas Kesehatan Provinsi, Dinas Kesehatan Kabupaten/Kota, Poltekkes, Perguruan Tinggi, Lembaga Penelitian Pusat/Daerah, Organisasi Profesi, Badan Pusat Statistik dan berbagai institusi yang membantu kelancaran Riskesdas 2013. Kontribusi semua pihak dari tahap persiapan, pembuatan instrumen, pengumpulan dan analisis data serta penulisan laporan sangat kami apresiasi.

Ucapan terima kasih disertai penghargaan tinggi juga kami sampaikan kepada para ketua, tim pakar, tim teknis, tim manajemen data Riskesdas 2013 beserta seluruh anggota tim yang tanpa kenal lelah telah menganalisis dan membahas hasil hingga dapat tertuang dalam laporan ini.

Semoga laporan ini dapat dimanfaatkan bagi para pembaca dan semoga Allah SWT melimpahkan barokah-Nya kepada kita.

 

Billahi taufiq wal hidayah, Wassalamu’alaikum Wr. Wb.

 

Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan

Kementerian Kesehatan RI

Dr.dr. Trihono Msc

 

Unduh sekarang dari Google Drive:

Hasil Riset Kesehatan Dasar Nasional 2013 dalam Angka.

Hasil Riset Kesehatan Dasar Nasional 2013 dalam Bagan.

Hasil Riset Kesehatan Dasar Jawa Barat 2013 dalam Angka.

Print Friendly, PDF & Email

4 thoughts on “Riset Kesehatan Dasar 2013 (Nasional & Jawa Barat) dalam Angka dan Bagan

  1. Pingback: home & family
  2. Pingback: insomnia

Leave a Reply