Surat Pernyataan Sikap Perhimpunan Dokter Spesialis Kedokteran Jiwa Indonesia (PDSKJI)

 

[Ekstrak teks dari berkas aslinya oleh admin CahayaJiwa.com]

Sehubungan dengan maraknya kasus kekerasan terhadap tokoh agama dan tempat ibadah yang diduga dilakukan oleh Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ) maka Pengurus Pusat Perhimpunan Dokter Spesialis Kedokteran Jivva Indonesia (PP PDSKJI) menyampaikan pernyataan sikap sebagai berikut :

  1. Bahwa definisi ODGJ menurut UU No.18 tahun 2014 tentang Kesehatan Jivva adalah orang yang mengalami gangguan dalam pikiran, perilaku, dan perasaan yang termanifestasi dalam bentuk sekumpulan gejala dan/atau perubahan perilaku yang bermakna, serta dapat menimbulkan penderitaan dan hambatan dalam menjalankan fungsi sebagai manusia.
  2. Menghimbau kepada segenap pihak untuk memberikan perlindungan clan menjamin pelayanan Kesehatan Jiwa bagi ODGJ berdasarkan hak asasi manusia (HAM).
  3. Menghimbau kepada pihak terkait untuk berkoordinasi dengan tenaga medis di pelayanan kesehatan terdekat, jika menemukan individu yang diduga ODGJ melakukan tindak kekerasan, hal ini sesuai dengan MOU Pencegahan dan Penanganan ODGJ antara Menteri Sosial, Menteri Kesehatan, Direktur Utama BPJS Kesehatan, dan Kapolri.
  4. Menghimbau kepada pihak tenaga medis dan anggota PDSKJI yang bekerja di insitusi serta fasilitas pelayanan kesehatan untuk tidak memberikan rekam medis dan identitas pasien ODGJ kecuali untuk kepentingan hukum (memenuhi permintaan aparatur penegak hukum dalam rangka penegakan hukum atas perintah pengadilan) sesuai dengan regulasi yang ada yaitu:
    1. UU No. 36 Tahun 2009 tentang Kesehatan,
    2. UU No. 29 Tahun 2004 tentang Praktik Kedokteran,
    3. Permenkes No. 269 Tahun 2008 tentang Rekam Medis, dan
    4. Permenkes No. 36 Tahun 2012 tentang Rahasia Kedokteran.
  5. Menghimbau kepada para psikiater anggota PDSKJI untuk tetap bekerja sesuai regulasi aturan perundang-undangan yang berlaku serta standar dan etika profesi.

Demikian surat pernyataan sikap ini agar dapat digunakan sebagaimana mestinya.

 

Jakarta, 22 Februari 2018
Ketua Umum PP PDSKJI,

ttd

Dr. Eka Viora, Sp.KJ
NPA IDI: 21795

 

 

Surat Pernyataan dalam format PDF dapat diunduh dari https://www.slideshare.net/antasamsara/surat-pernyataan-pdskji-pusat-22-februari-2018/

atau dalam format gambar dari (Microsoft OneDrive) https://1drv.ms/u/s!Ak4DR4gkOAovk4gyENq3A9LzZFQDAQ

Print Friendly, PDF & Email

Leave a Reply