Tentang Depresi: Tanya-Jawab bersama Pakar

Bersama dr. Alan Gelenberg
Pimpinan Bagian Psikiatri
Fakultas Kedokteran, Universitas Penn State, Amerika Serikat.

Apa perbedaan antara kesedihan yang normal/rasa berduka dan depresi?

Setiap orang mengalami rentang emosi selama beberapa hari atau beberapa minggu, biasanya bervariasi berdasarkan kejadian atau keadaan. Ketika kecewa, kita biasanya merasa sedih. Ketika merasa kehilangan, kita berduka. Normalnya, perasaan ini naik dan turun. Perasaan-perasaan ini bereaksi terhadap masukan dan perubahan. Sebaliknya, depresi cenderung terasa berat dan konstan. Orang yang mengalami depresi cenderung tidak ceria, tidak nyaman, atau tidak tenang. Orang yang pulih dari depresi seringkali kembali ingin agar mereka punya kemampuan untuk merasa sedih secara normal lagi, sebagai lawan dari mengalami “hari yang buruk,” beban yang memberati pikiran dan jiwa mereka setiap hari.

Setelah seseorang didiagnosa dan diobati depresinya apakah depresinya itu akan cenderung kembali lagi?

Orang yang didiagnosa mengalami depresi berat, yang diobati dan kemudian pulih, setidaknya setengahnya cenderung untuk mengalami kekambuhan pada suatu waktu di masa kemudian. Masalah tersebut dapat datang dengan segera atau pada waktu yang lama setelah itu. Kekambuhan ini bisa muncul karena dipicu atau tidak dipicu oleh kejadian dalam hidup [misalnya karena beban ekonomi, stres karena lingkungan dsb – penerjemah]. Setelah beberapa episode depresi berat, seorang psikiater mungkin menyarankan sebuah pengobatan dalam jangka waktu yang panjang.

Pengobatan macam apakah yang berhasil untuk depresi?

Banyak jenis pengobatan terbukti efektif dalam memulihkan depresi. Beberapa di antaranya melibatkan wicara dan pengubahan perilaku. Yang lainnya melibatkan obat-obatan medis. Ada sejumlah teknik yang menitikberatkan pada modulasi sel saraf, termasuk terapi kejut listrik (electroconvulsive therapy – ECT), vagus-nerve stimulation (VNS), transcranial magnetic stimulation (TMS) dan percobaan deep-brain stimulation (DBS).

Pilihan terapi seharusnya dipandu oleh kekhasan dan keparahan depresinya, respon di masa lalu terhadap pengobatan, serta kepercayaan dan pilihan pasien dan keluarganya tersebut. Pendekatan apapun yang dipilih, sang pasien selayaknya menyatakan bersedia untuk bekerjasama dan berpartisipasi secara aktif; misalnya terlibat dalam terapi wicara atau secara teratur meminum obat.

Apa yang harus saya konsultasikan bersama dokter ketika mendiskusikan perasaan depresif saya?

Keterbukaan total merupakan hal yang penting. Anda sebaiknya bicara kepada dokter Anda tentang semua gejala yang Anda alami, kejadian penting dalam hidup Anda serta riwayat trauma dan penyalahgunaan zat. Juga katakanlah kepada dokter Anda tentang riwayat depresi atau gejala-gejala alam perasaan diri dan anggota keluarga Anda, riwayat medis, obat yang Anda minum – yang diresepkan dan yang di luar itu, bagaimana depresi telah mempengaruhi kehidupan sehari-hari Anda serta apakah Anda pernah berpikir tentang bunuh diri.

Berapa lama saya bisa menunda untuk berkonsultasi dengan profesional kesehatan?

Jika gejala-gejala Anda lebih ringan, tidak mengganggu rutinitas pekerjaan dan kehidupan rumah tangga Anda, atau tidak mempengaruhi kesehatan Anda, dan Anda tidak berpikir untuk bunuh diri atau melukai diri sendiri, Anda dapat menunda hingga satu hingga dua minggu sebelum berkonsultasi dengan professional untuk melihat apakah gejala-gejalanya semakin parah dengan sendirinya. Akan tetapi jika gejala-gejalanya lebih serius membutuhkan penanganan dengan segera.

Apakah antidepresan [obat untuk depresi – penerjemah] punya efek samping?

Semua obat punya efek samping. Biasanya efek samping akan meningkat jika dosisnya dinaikkan. Efek samping biasanya bervariasi dari satu obat ke obat lainnya dan bergantung terhadap golongan obat tersebut. Jika Anda sebelumnya telah meminum obat dan mujarab atau gagal pulih, atau menimbulkan efek samping yang mengganggu, pastikan beritahu dokternya apa yang terjadi. Ini akan berpengaruh terhadap pilihan obat yang akan diresepkan kemudian. Jika Anda tidak pernah meminum antidepresan sebelumnya, bahaslah bersama dokter Anda golongan obat mana yang punya efek samping tertentu. Biarkan dokter Anda tahu efek samping mana yang ingin Anda hindari, misalnya rasa ngantuk atau gangguan seksual.

Berapa besarkah biaya untuk mengobati depresi?

Pada sistem kesehatan yang terus berkembang di Amerika Serikat, biaya untuk mengobati depresi merupakan hal yang perlu dijadikan pertimbangan bagi sebagian besar orang. Hanya saja, depresi yang tidak diobati bisa menimbulkan beban ekonomi juga, karena seringkali melemahkan kemampuan seseorang untuk berfungsi di rumah dan pekerjaannya. Bicaralah pada perusahaan asuransi [atau perusahaan jaminan kesehatan lainnya – penerjemah] untuk mempelajari manfaat dan preminya. Ketika biaya menjadi masalah, mintalah obat generik alih-alih obat yang bermerek. Sebagian besar obat golongan antidepresan tersedia dalam formula generik. Modulasi sel saraf [seperti yang disebut di atas – penerjemah] biayanya mahal, dan asuransi menanggungnya secara sangat bervariasi.

Materi asli berbahasa Inggris dapat dilihat di https://www.psychiatry.org/patients-families/depression/expert-q-and-a

Print Friendly, PDF & Email

11 thoughts on “Tentang Depresi: Tanya-Jawab bersama Pakar

  1. saya perempuan berumur 26 tahun, saya mengalami kesedihan yg berkepanjangan, rasa bersalah, rendah diri dan sering kali berpikir untuk bunuh diri, hal ini mengganggu semua aktifitas saya sehari2, perasaan sendiri dan tidak ada yg perduli termasuk keluarga dan orang2 terdekat saya . saya takut mereka mencemooh saya atas apa yg saya derita. saya sangat membutuhkan pertolongan tp tdk tau harus berbuat apa.terimakasih

    1. Yang Mbak alami sangat khas merupakan gejala depresi klinis. Jangan khawatir, dengan pengelolaan yang tepat serta dengan konsultasi ke psikolog atau psikiater depresi merupakan kondisi kejiwaan yang dapat tersembuhkan secara sempurna. Jika ingin tertangani secara lebih mild (namun biasanya lebih lambat) Mbak bisa cerita dan menemukan akar dari depresinya bersama bimbingan seorang profesional kesehatan jiwa. Jika ingin cepat tanpa perlu banyak proses yang lebih lambat, Mbak bisa datang untuk konsultasi bersama seorang psikiater dan akan diresepkan obat penyembuh depresi yang disebut dengan antidepresan.

      Antidepresan, apalagi yang golongan baru, tidak menimbulkan efek samping yang berarti, sehingga tidak perlu takut akan akibat biologis maupun fisiologis dari penggunaan obat ini. Untuk keterangan lebih lanjut tentang depresi silakan baca berbagai artikel kami tentang gangguan mood ini dengan menelusuri laman postingan kami di https://www.cahayajiwa.com/blog .

  2. Saya dalam setahun ini sering kali mudah marah, apalagi kalau ada yg menyakiti. Dan saya mempunyai kecenderungan terus menerus mengingat rasa sakit yg disebabkan oleh orang lain yg menyakiti saya twrsebut. Semakin dia melakukan tindakan yg menurut saya tidak pantas kebencian saya semakin besar. Ketika marah marah setwlah itu saya merasa amat bersalah, saya merasa bahwa tindakan saya salah, seharusnya saya tidak harus seperti itu, seharusnya saya tidak perlu terpancing, dan kemungkinan saya mulai menyalahkan diri saya sendiri dan kemudian membandingkan diri saya dengan orang atau teman yg sifat dan wataknya lebih baik dari saya. Saya selalu berfikir ada yg tidak beres pada diri saya yg perlu diperbaiki, saya ingin jadi seseorang yg bebas dari rasa benci meskipun disakiti orang lain. Tapi kadang perasaan dengki timbul lagi ketika mendapati perlakuan tidak adil dari seseorang misalkan dari atasan, sedangkan orang yg menurut saya perilakunya tidak baik, tidak tulus dan hanya mencari perhatian dari atasan tersebut malah selalu di puji puji dan dipromosikan. Dan orang inilah yg sudah menyakiti hati saya beberapa kali. Saya ingin terbebas dari rasa benci itu dan mebajdi orang ikhlas. Tp kenapa sulit sekali.

    1. Saya pikir itu cuma gangguan penyesuaian saja dan bukan masalah kejiwaan. Coba saja, misalnya, mendengarkan aplikasi yang menenangkan dan membikin rileks, seperti aplikasi Relax Melodies untuk Android. Kalau memang butuh bicara, Anda bisa pergi ke psikolog untuk bercerita. Banyak orang yang tak tahu apa manfaat curhat, padahal itu bisa melepaskan beban psikologis dan membuat kita menjadi lebih baik menghadapi kehidupan sehari-hari. Pergi belajar meditasi ke healing center juga banyak manfaatnya dalam hal ini.

  3. saya selalu merasa sendiri di dunia ini hari ke hari saya semakin percaya tidak ada orang yg saya percaya saya perlahan menutup diri dari teman saya.teman saya kaget dengan keadaan saya ,saat di suruh cerita saya mengatakan saya baik-baik saja .saya tidak mau ada yg mengetahui tentang perasaan saya. akhirnya saya memendan sendiri perasaan saya. dan akhir-akhir ini saya menangis tanpa sebab,berfikir bagai mana bunuh diri ,saya menjadi takut akan sesuatu akan tetapi saya tidak tau apa sesuatu itu . dan dari hari ke hari nafsu makan saya berkurang. saya bahkan mudah lupa akan sesuatu akhir-akhir ini saya takut memulai sesuatu dan saya tidak lagi memiliki semangat terhadap sesuatu lagi

    1. Maaf, dari gejalanya sepertinya itu pertanda akan adanya depresi. Saran kami silakan datang ke konselor (psikiater atau psikolog klinis) untuk menyembuhkan hal tersebut. Jangan takut, depresi adalah kondisi kesehatan jiwa yang sangat mungkin untuk sembuh sempurna.

  4. Saya selalu merasa sendirian, saya merasa bahwa tidak ada yang menemani saya. Saya cepat tersinggung dan menangis bila dibandingkan-bandingkan dengan orang lain, saya juga kadang menangis tanpa sebab.
    Saya berubah menjadi pendiam. Saya selalu ingin tidur sepanjang waktu daripada bertemu dengan orang lain. Nafsu makan saya tidak menentu. Saya merasa bahwa saya tidak berguna. Saya sering membayangkan bila saya mati nanti, tapi saya tak ingin bunuh diri. Saya mengalami migrain bila berpikir banyak atau saat sedih. Saya sekarang lebih senang mengunci diri di kamar.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.